Tips Meningkatkan Omset Penjualan dalam Bisnis

Tips Meningkatkan Omset Penjualan dalam Bisnis

Meningkatkan omset dan profit adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis atau usaha. Perkembangan dan kemajuan bisnis atau usaha untuk kedepan...

Strategi Oprasional Perencanaan Bisnis dan Usaha
Bisnis dengan Modal Kecil Tak Selamanya Sulit Berkembang
Cara Mengatur Alokasi Modal Usaha

Meningkatkan omset dan profit adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis atau usaha. Perkembangan dan kemajuan bisnis atau usaha untuk kedepannya bisa diukur dari dua hal tersebut. Maka kita sebagai seorang pebisnis perlu memahami strategi tertentu untuk meningkatkan omset dan profit tersebut.

Berikut beberapa strategi yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan omset dan profit dalam bisnis kita:

  1. Pahami dengan baik margin dalam bisnis kita

Hal pertama yang kita lakukan adalah dengan memahami laba dalam bisnis kita. Ketahui dengan pasti laba kotor setiap produk, klien, layanan ataupun iklan yang kita gunakan. Kemudian, analisis seluruh margin tersebut dan mulailah untuk mengidentifikasi setiap margin, mulai dari yang terendah hingga ke margin paling tinggi.

Baca Juga : 7 Persiapan Sebelum Terjun Kedunia Bisnis

Carilah hal apa yang menurut kita tidak menguntungkan. Sehingga, kita dapat lebih memfokuskan  pada aktivitas bisnis yang lebih menguntungkan usaha kita.

  1. Meningkatkan kualitas produk

Sudah bukan rahasia lagi dalam sebuah bisnis pasti memiliki kompetitor yang bersaing. Beberapa kompetitor terkadang berani memberikan harga yang jauh lebih murah dari produk yang kita jual. Tidak perlu khawatir dalam menghadapi persaingan bisnis semacam itu. Kita hanya perlu meningkatkan kualitas produk yang kita tawarkan pada konsumen.

  1. Terapkan metode up selling dan cross seling

Up-selling merupakan teknik penjualan di mana penjual memberikan saran pada pembeli untuk membeli barang yang bernilai jual lebih dengan manfaat yang lebih besar pula. Pada teknik ini, penjual akan menekankan pembeli untuk membeli barang atau produk yang sama dengan manfaat yang lebih banyak.

Baca Juga : 5 Hal Dipersiapkan Millenial Sebelum Berbisnis

Sedangkan untuk metode Cross-selling sendiri, merupakan teknik menjual jasa/produk tertentu di mana penjual akan menyarankan produk lain yang berbeda.

  1. Buat strategi diskon yang cerdas

Untuk meningkatkan omset penjualan bisnis Anda adalah dengan membuat diskon yang cerdas. Berikan diskon dengan besaran yang masih wajar dan masuk akal. Karena kebutuhan masing-masing pelanggan tentunya berbeda, Anda dapat memberikan diskon dengan menyesuaikan kebutuhan mereka. Dengan begitu, penjualan produk Anda pun dapat berjalan secara optimal.

Sumber : www.akun.biz

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0