Pentingnya Waktu dalam Berinvestasi

Pentingnya Waktu dalam Berinvestasi

Investasi mulai menjadi tren, dan dilirik banyak orang. Meskipun belum setenar tabungan dan deposito, saat ini investasi sering dianggap menjadi aktiv...

Mana yang Lebih Untung, Tabungan Emas atau Ikut Cicilan Emas
Ini Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan
Langkah Berinvestasi yang Tepat

Investasi mulai menjadi tren, dan dilirik banyak orang. Meskipun belum setenar tabungan dan deposito, saat ini investasi sering dianggap menjadi aktivitas yang lebih menguntungkan.

Tetapi investasi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

4 alasan tentang pentingnya waktu dalam berinvestasi berikut ini:

1. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi

Tidak ada pernah kata terlambat untuk memulai berinvestasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal di masa mendatang, kita harusnya memulai investasi sejak dini, dan sebaiknya dilakukan dalam jangka panjang agar membuahkan hasil yang lebih besar pula. Investasi tidaklah mengenal status, umur, gaji, atau pengetahuan dalam berinvestasi.

kita kini bisa dengan mudah mempelajari cara berinvestasi secara otodidak melalui teknologi internet saat ini. Mulailah investasi sejak sekarang jika tak ingin menyesal di hari depan.

2. Apa Tujuan Investasi kita?

Kita mungkin sering bertanya-tanya jumlah yang harus disisihkan untuk berinvestasi. Untuk mengetahuinya, terlebih dahulu kita harus tahu apa tujuan yang ingin dicapai dengan berinvestasi.

Adapun tujuan dari berinvestasi adalah untuk memperoleh keuntungan di masa depan atas harta yang dimiliki. Maka, semakin besar nominal yang ingin diraih dari investasi, tentunya lebih lama pula jangka waktu yang dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Lindungi Investasi Pendapatan Tetap dari Invlasi

kita berhak memilih seberapa lama kita akan menikmati hasil investasi dengan memilih investasi berdasarkan jangka waktunya yaitu jangka pendek, jangka menengah, ataupun jangka panjang.

3. Cermat Memilih Instrumen Investasi

Setelah mengetahui tujuan yang ingin dicapai, kita wajib memilih jenis instrumen investasi yang akan dijalankan. Instrumen yang dipilih tentunya akan mempengaruhi jangka waktu untuk mencapai target dan tujuan. Sebelum memilih instrumen investasi, pastikan kita benar-benar mengenal instrumen yang dipilih, seperti jangka waktu,  serta cara pengelolaannya.

4. Jangka Panjang, Jangka Waktu Terbaik

Banyak yang beranggapan bahwa investasi jangka panjang adalah jenis investasi yang paling potensial dan menguntungkan. Namun, kita harus mengingat semakin besar potensi keuntungan ataupun return, maka semakin tinggi pula risiko yang mungkin terjadi.

Selain itu, tentunya, untuk berinvestasi jangka panjang dibutuhkan waktu tidak sedikit dan harus banyak bersabar. Maka dari itu, syarat yang harus dimiliki seorang investor adalah kesabaran.

Sukses Berinvestasi

Ingatlah bahwa investasi bukan cara cepat untuk menjadi kaya. Berinvestasi tentunya membutuhkan waktu, kesabaran, dan keinginan untuk terus belajar. Jika belum berinvestasi, ayo mulai investasi sejak dini. Selamat berinvestasi!

Sumber : www.cermati.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0