Pentingnya Dana Darurat Bagi Kehidupan Finansial

Pentingnya Dana Darurat Bagi Kehidupan Finansial

Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan, untuk mencapai kehidupan finansial yang lebih baik. Salah satunya dengan menyiapkan dana darurat. Dana darur...

Rahasia Mengembangkan Bisnis
7 Persiapan Sebelum Terjun Kedunia Bisnis
Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan, untuk mencapai kehidupan finansial yang lebih baik. Salah satunya dengan menyiapkan dana darurat.

Dana darurat sama halnya seperti menabung, akan tetapi antara keduanya sangatlah berbeda. Dana darurat lebih digunakan untuk kepentingan yang sifatnya mendesak. Sebaiknya, simpanan dana darurat harus dipisahkan dengan tabungan. Sebab jika tidak kondisi keuangan kita akan tidak tertata.

Lalu apa pentingnya dana darurat?

Menjaga kondisi keuangan dari ketidak siapan

Fungsi dana darurat kurang lebih sama dengan fungsi dari sebuah tabungan. Hanya saja, tabungan umumnya digunakan untuk sebuah tujuan yang sudah terencana. Sedangkan, dana darurat lebih digunakan untuk kebutuhan yang mendadak atau berada di luar rencana keuangan yang telah kita buat sebelumnya.

Baca Juga : Dengan Cara Ini Generasi Millenial Bisa Atur Keuangannya

Jika kita memiliki dana darurat dan telah mempersiapkannya sejak lama. Kebutuhan yang terjadi secara tiba-tiba dan sifatnya mendesak dapat dipenuhi dengan dana tersebut. Selain itu memiliki dana darurat, juga akan menghindarkan kita dari terbelit hutang dengan bunga yang tinggi.

Melindungi investasi masa depan

Sebuah rencana keuangan yang baik dibuat dengan memperhitungkan tujuan jangka pendek 0-2 tahun, jangka menengah 3-5 tahun dan tujuan jangka panjang lebih dari 5 tahun. Nah, dana darurat yang ada akan memudahkan kita dalam mencapai tujuan perencanaan keuangan tersebut.

Mereka yang tidak memiliki dana darurat, sama halnya dengan tidak mandiri secara finansial. Selain itu, mereka juga memiliki kondisi keuangan yang lebih rentan dibanding orang-orang yang telah menyiapkan dana darurat sejak dini.

Kebanyakan orang yang tidak memiliki dana darurat akan beralih mencairkan dana investasi atau menjual aset yang mereka miliki saat ini untuk menutup kebutuhan mendesaknya. Beberapa bahkan rela meminjam dana ke pihak lain (berhutang) dengan bunga yang cukup tinggi.

Baca Juga : Pemerintah Siapkan Pusat Inovasi untuk Teknologi Finansial

Penjelasan singkat mengenai pentingnya dana darurat dan besaran jumlah yang harus dimiliki untuk masing-masing orang. Melihat dari fungsinya, dana darurat tentu menjadi salah satu hal yang penting bahkan wajib dalam kehidupan sinansial seseorang.

Sumber : www.akun.biz

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0