Kesalahan Keuangan Bisnis UKM yang Sering Dilakukan

Kesalahan Keuangan Bisnis UKM yang Sering Dilakukan

Hal terpenting yang harus dikelola dengan baik untuk bisnis ukm adalah keuangan bisnis. Untuk para pemula Anda harus memiliki kemampuan mengelola yang...

Menjalankan Bisnis Melalui Dunia Digital
Hari Gini Hanya Ngandelin Gaji ? Jalankan 6 Bisnis Ini Biar Kantong Makin Tebal
Tips Mengembangkan UKM

Hal terpenting yang harus dikelola dengan baik untuk bisnis ukm adalah keuangan bisnis. Untuk para pemula Anda harus memiliki kemampuan mengelola yang baik, mulai dari karyawan, modal, pemenuhan kebutuhan operasional, dan lain sebagainya. Jika tidak, bisnis yang Anda rintis akan sulit berkembang.

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pengembang bisnis UKM adalah masalah keuangan. Meskipun sudah mendapatkan modal untuk memulai, sebenarnya tantangan yang lebih besar adalah cara mengelola uang tersebut. Alih-alih bisnis berkembang, manajemen finansial yang kurang baik justru akan membuat bisnis bangkrut.

Empat Kesalahan Pengelola Keuangan Bisnis UKM berikut ini :

Memasang Harga yang Terlalu Murah

Persaingan yang ketat membuat pelaku bisnis UKM memasang harga rendah untuk produknya. Mereka berpikir bahwa memberikan harga terendah bisa menarik minat konsumen.

Padahal, hal ini tidak selalu benar. Dengan memasang harga terendah, pasti ada kualitas yang diabaikan. Terlebih, tidak semua konsumen memprioritaskan harga murah. Ada konsumen yang rela membeli dengan harga sedikit mahal asal mereka bisa mendapatkan kualitas yang lebih baik.

Baca Juga : Raih Untung Besar dari Bisnis UKM, Coba 3 Cara Ini

Jika saat ini Anda berpikir banyak konsumen membeli produk Anda karena harga yang lebih kompetitif, bisa jadi Anda salah. Pasalnya, apabila ada kompetitor lain yang memasang harga lebih rendah dari Anda, maka konsumen akan berpindah ke kompetitor tersebut. Jadi, menurunkan harga terlalu rendah bukan jawaban untuk meraup keuntungan. Jika Anda berniat menurunkan harga tanpa menurunkan kualitas, itu hal yang mustahil karena justru Anda kan mengalami kerugian.

Tidak Menyusun Anggaran yang Pasti

Tentunya Anda berharap bisnis yang Anda lakukan bertahan untuk waktu yang lama, bukan? Untuk itu, Anda harus serius menyusun anggaran yang jelas. Bisnis tanpa anggaran yang jelas akan membuat Anda kebingungan ke mana uang akan dibelanjakan. Buat anggaran secara terstruktur, mulai bulanan hingga tahunan. Dengan menyusun anggaran, Anda bisa tahu berapa besar biaya operasional yang diperlukan, berapa uang yang harus Anda hemat, dan sebagainya. Dengan begitu, keuangan bisnis UKM Anda bisa lebih terpantau.

Belanja Mendadak

Faktor lain penyebab keuangan bisnis UKM tidak stabil adalah belanja secara mendadak. Ingat, karena Anda sudah membuat anggaran pengeluaran sebelum membeli, maka jangan mudah tergoda hawa nafsu untuk membeli barang yang tidak seberapa diperlukan. Pembelian yang tak terencana ini akan menyulitkan anda nantinya. Anggaran yang seharusnya digunakan untuk menutup keperluan A ternyata habis untuk pengeluaran mendadak tadi sehingga Anda pun bingung mencari dana tambahan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anggarkan secara khusus dana untuk pengeluaran mendadak yang memang diperlukan untuk kelancaran proses produksi.

Kesalahan Pembukuan

Bagi pebisnis pemula yang masih memiliki budget terbatas, mereka memilih untuk mengatur pembukuan seorang diri dengan berbekal pada info yang mereka dapatkan di internet. Hal ini bisa dilakukan jika bisnis yang Anda lakukan masih berada dalam tahap awal atau belum berkembang. Seiring berkembangnya bisnis, Anda harus menganggarkan dana untuk menggaji seorang akuntan. Ingat, harus seorang akuntan yang benar-benar paham akan ilmu akuntansi, bukan yang hanya sekadar tahu. Uang adalah penggerak bisnis Anda. Jika Anda mempercayakan uang Anda pada orang yang salah, maka jangan heran jika hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

 Jadilah pebisnis UKM yang cerdas dalam mengelola keuangan. Hindari empat kesalahan keuangan bisni UKM, agar bisnis Anda bisa berkembang.

Sumber : https://sleekr.co/blog/kesalahan-keuangan-bisnis-ukm/

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0