Ini 4 Alasan UKM Perlu Business Planing Jangka Pendek

Ini 4 Alasan UKM Perlu Business Planing Jangka Pendek

Kelemahan terbesar  yang menghambat UKM dalam meningkatkan bisnisnya adalah karena kurangnya perencanaan. Apabila Anda merupakan salah seorang dari pe...

Memulai Bisnis Franchise dengan Modal Kecil
Pinjaman Dana untuk Modal Usaha Tanpa Riba? Ini Tipsnya
Menerapkan Manajemen Keuangan Sederhana untuk Bisnis dan Usaha Kecil

Kelemahan terbesar  yang menghambat UKM dalam meningkatkan bisnisnya adalah karena kurangnya perencanaan. Apabila Anda merupakan salah seorang dari penggiat UKM yang memulai bisnis Anda dari model bisnis yang sederhana, pernahkah Anda bermimpi untuk memperbesar usaha Anda? Pernahkah Anda menyadari bahwa dengan sebuah perencanaan yang matang, besar kemungkinannya bisnis Anda akan berkembang lebih cepat?

Alasan Mengapa Harus Memerlukan Rencana Bisnis Jangka Pendek 

Berikut merupakan 4 alasan mengapa Anda memerlukan rencana bisnis jangka pendek!
1. Membantu Anda lebih fokus
Dengan mendefinisikan dan memahami visi, misi, dan daftar tujuan yang spesifik, Anda dibantu merencanakan bagaimana dan kapan Anda harus mencapai tujuan-tujuan tersebut. Mau tidak mau, Anda dibantu untuk terus sadar, tetap fokus dan konsisten berjalan menuju tujuan tersebut.

2. Mengetahui dimana posisi Anda sekarang

Setelah mendefinisikan tujuan jangka panjang, salah satu tujuan dari rencana bisnis jangka pendek ialah mengetahui dimana posisi Anda berada saat ini. Mengetahui posisi bisnis Anda sekarang seperti mengentahui garis start pada sebuah pertandingan marathon menuju garis finish. Apabila kita tidak pernah tahu dimana harus memulai, kecil kemungkinannya kita bisa berhasil mencapai garis finish!

3. Mengetahui kebutuhan bisnis Anda

Dalam perencanaan bisnis, Anda berkesempatan menguraikan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Mulai dari modal, jumlah karyawan, supplier, biaya operasional dan lain sebagainya. Semua hal yang dibutuhkan perlu dirincikan dan tentukan strategi untuk memenuhinya.

4. Membantu Anda dalam persaingan dengan kompetitor

Dengan perencanaan bisnis yang memadai, Anda bisa lebih fokus dalam mencari keunikan bisnis Anda dibandingkan kompetitor dan kemudian bersaing secara sehat. Tentu saja, hal ini perlu didahului dengan menganalisa kompetitor kita terlebih dahulu.

Inilah seberapa pentingnya perencanaan dalam berbisnis.

Sumber: http://actioncoachsouthjakarta.com/ini-dia-4-alasan-ukm-perlu-business-planning-jangka-pendek-artikel-bisnis/

Sumber foto: https://www.merdeka.com/uang/ini-bisnis-bisnis-yang-kecil-risikonya-bagi-pemula.html

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0