Cara Mengembangkan Bisnis Bagi Mahasiswa

Cara Mengembangkan Bisnis Bagi Mahasiswa

Belajar merupakan kewajiban utama untuk mahasiswa. Sebagai generasi millenial saat ini, tidak ada salahnya bagi mahasiswa yang tertarik untuk berbisni...

Tips dari Mentri Keuangan Jadi Generasi Millenial yang Sukses
Ciptakan Peluang Bisnis dari Hobi
Tips Mudah Memenangkan Persaingan Bisnis

Belajar merupakan kewajiban utama untuk mahasiswa. Sebagai generasi millenial saat ini, tidak ada salahnya bagi mahasiswa yang tertarik untuk berbisnis. Dengan mengembangkan bisnis sejak mahasiswa, kita bisa mengumpulkan modal, pengetahuan, dan pengalaman sebagai bekal ketika kita dihadapkan dengan tantangan dunia kerja.

Lalu bagaimana cara mengembangkan bisnis sejak masih menjadi mahasiswa?

Usaha yang dimulai sejak bangku kuliah akan menambah kekuatan mental kita. Selain itu, langkah ini juga akan memberikan kita lebih banyak pengalaman daripada hanya berpegang pada teori saja. Berbagai pengalaman ini bisa menjadi bekal yang kita butuhkan untuk menata masa depan.

Dengan hobi dan bakat yang kita miliki, tidak ada salahnya jika kita menjadikannya sebagai  sumber penghasilan kita.

Cara Mengembangkan Bisnis Bagi Mahasiswa

Mencoba membuka bisnis sejak  mahasiswa, akan banyak keuntungan yang akan kita dapatkan. Tak perlu ragu, dan jangan takut gagal, ada lima cara mengembangkan bisnis untuk mahasiswa:

  1. Berada dilingkungan yang tepat.

Mengembangkan bisnis sejak mahasiswa, bukan hal yang sangat mudah. Karena kita harus pandai membagi waktu antara untuk belajar dan untuk berbisnis. Carilah lingkungan yang tepat untuk mendukung kegiatan bisnis kita.

Baca Juga : 5 Hal Dipersiapkan Millenial Sebelum Berbisnis

Apa maksudnya ‘lingkungan yang tepat’? Artinya, lingkaran sosial kita, seperti kawan-kawan dan mungkin dosen, suportif dan mendukung ambisi kita berbisnis. Lebih baik lagi bila mereka memiliki pengetahuan bisnis yang bisa dibagi ke kita, seperti membuat proposal bisnis atau membagi tips marketing.

  1. Tentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal

Kita perlu mempertimbangkan peluang bisnis yang tersedia dengan modal yang kita punya. Modal tak hanya soal uang, kita juga butuh modal kemampuan, kemauan, pengalaman, hingga waktu luang. Tidak perlu menargetkan bisnis yang terlalu besar, kita bisa memulai dengan menjalankan bisnis kecil-kecilan tangan. Minimal, kita dapat belajar mengenai peluang dan memperbanyak modal.

  1. Temukan ide unik yang bisa dikerjakan

Sebagai mahasiswa yang berjiwa dan berpikiran muda, kita pastinya memiliki banyak sekali ide. Dari sekian banyak ide yang ingin dijalankan, cobalah untuk menemukan ide unik yang berkaitan dengan dunia kita maupun lingkungan mahasiswa. Bicarakan ide yang kita punya dengan dosen hingga orang yang dipercaya untuk memberikan pendapat mengenai ide kita. Cara ini cukup efektif untuk menentukan ide mana yang sebaiknya dicoba.

Baca Juga : Tergolong Keluarga Millenial ? Begini Seharusnya Pola Pengaturan Keuangannya

  1. Lakukan analisis produk

Dalam bisnis, memiliki ide memang penting, namun bagaimana mengeksekusi ide tersebut jauh lebih penting. Jadi, apabila kita sudah memiliki ide yang dirasa cukup menarik, segeralah lakukan analisis produk. Temukan produk yang  berhasil di pasaran, pelajari, temukan kekurangannya, dan buat produk yang lebih sempurna. Dengan cara ini, kita dapat melatih ide dan kreativitas yang kita miliki. Peluang kesuksesannya pun lebih besar daripada menjual produk yang belum dikenali.

  1. Segera realisasikan perencanaan kita

Jika kita merupakan tipe orang yang penuh perencanaan, untuk sampai pada aksi mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Melakukan perencanaan dengan matang memang baik, namun jangan sampai waktu perencanaan menjadi sangat lama dan kita gagal merealisasikan bisnis. Ketika kita sudah memiliki ide, matangkan persiapan dan kemampuan kita untuk segera merealisasikannya. Jangan menunda, lakukanlah segera.

Inilah lima cara mengembangkan bisnis yang dimulai sejak mahasiswa. Semoga bermanfaat!

Sumber : Modalku

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0