Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Dengan cerdas mengatur keuangan pribadi dan mengelolanya, kondisi ekonomi personal akan berdampak baik, lebih terlendali dan selalu stabil. Cara pinta...

Kesalahan Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Milenial
Antara Pinjaman dan Hutang Itu Berbeda Lho
Kesalahan Keuangan Bisnis UKM yang Sering Dilakukan

Dengan cerdas mengatur keuangan pribadi dan mengelolanya, kondisi ekonomi personal akan berdampak baik, lebih terlendali dan selalu stabil.

Cara pintar mengatur keuangan pribadi dan mengelolanya secara efektif:

  1. Tetapkan tujuan keuang secara pasti

Jika memiliki tujuan yang pasti akan membuat lebih mudah mengatur keuangan pribadi. Keinginan akan sesuatu itu juga akan menjadi sebuah motivasi untuk mengumpulkan pendapatan lebih banyak.

Tetapakan tujuan keuangan kita secara benar, kita bisa menggunakannya untuk membuat sebuah investasi  jangka panjang atau jangka pendek.

  1. Buat rencana pengeluaran terorganisir

Untuk menjaga kestabilan keuangan yang kita miliki, sebaiknya buatlah rencana pengeluaran yang terorganisir.

Baca Juga : Menerapkan Manajemen Keuangan Sederhana untuk Bisnis dan Usaha Kecil

Kita sebaiknya membuat anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan belanja berdasarkan pembagian pos masing-masing.

  1. Menahan diri dari segala tawaran belanja

Kita harus bisa menentukan mana yang namanya kebutuhan atau keinginan. Saat belanja belilah apa yang menjadi kebutuhan kita, bukan hanya sekedar keinginan.

Kita harus bisa menahan diri dari segala tawaran belanja yang menurut kita itu hanya sekedar keinginan bukan kebutuhan. Dengan itu, maka kita akan lebih teratur dalam menggunakan uang yang kita miliki.

  1. Temukan barang yang lebih murah, dengan kriteria yang sama

Demi suksesnya agenda mengatur keuangan pribadi secara efektif maka ketika hendak memperoleh barang maka perlu bertindak selektif.

Jangan ragu untuk membandingkan setiap harga dengan toko lainnya dengan kondisi barang yang sama.

  1. Survey melalui situs online sebelum bertindak

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita bisa memperoleh banyak informasi lebih detail sebelum memutuskan kemana uang akan dibelanjakan.

Lakukan survey harga pada situs situs toko online ataupun dari sumber informasi lainnya seperti forum, blog dan website yang memuat review produk.

  1. Ciptakan sumber pendapatan lebih dari satu

Memiliki pekerjaan sampingan bisa memberikan rasa aman ketika sumber keuangan utama sewaktu waktu mengalami masalah serius 

Baca Juga : Tips Perencanaan Keuangan untuk Sukses dalam Bisnis

Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan seperti bisnis online untuk mendapatkan uang dari internet ataupun jenis usaha rumahan lainnya.

  1. Merintis usaha dan bisnis sendiri

Tidak selamanya kita harus bekerja kepada orang lain. Salah satu solusinya adalah dengan menciptakan lapangan kerja sendiri, atau merintis usaha sendiri. Dengan itu, kita tidak akan bergantung dengan gaji yang kita dapatkan dari tempat bekerja kita.

Inilah cara mengatur keuangan pribadi agar lebih teratur dalam masalah finansial.

Sumber: centrausaha.com

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0