Cara Lindungi Investasi Pendapatan Tetap dari Invlasi

Cara Lindungi Investasi Pendapatan Tetap dari Invlasi

Bagi Investor yang menginginkan pengembalian serta dapat diandalkan dan beberapa perlindungan, investasi dengan pendapatan tetap biasanya menawarkan t...

Mana yang Lebih Untung, Tabungan Emas atau Ikut Cicilan Emas
Raih Keuntungan Dengan Berinvestasi
Ayo Coba Investasi Sekarang!

Bagi Investor yang menginginkan pengembalian serta dapat diandalkan dan beberapa perlindungan, investasi dengan pendapatan tetap biasanya menawarkan tempat aman.

Namun, kelemahan investasi adalah bagaimanapun dari waktu ke waktu, inflasi dapat secara signifikan mengurangi pengembalian riil Anda.

” Inflasi dan pendapatan tetap bukan kombinasi yang baik biasanya,” kata George Rusnak, Co-head of Global Fixed-Income Strategy di Wells Fargo.

Namun, jika hal itu membuat Anda tetap khawatir mengenai investasi pendapatan tetap Anda, inilah cara yang harus dilakukan :

1. Jangan panik

Inflasi adalah faktor yang harus dipertimbangkan oleh semua investor dalam keputusan investasi mereka. Akan tetapi, perubahan pada portofolio Anda harus dilakukan dengan pemikiran rasional dan kepatuhan pada rencana jangka panjang, dari pada sebagai reaksi terhadap perubahan waktu nyata.

“Sama seperti Anda, tidak dapat mengatur waktu inflasi atau suku bunga,” kata pendiri dan presiden Fort Wealth Management Justin Fort.

2. Diversifikasi investasi pendapatan tetap Anda

Investasi pendapatan tetap secara keseluruhan sangat sensitif terhadap inflasi, tetapi ada beberapa kategori investasi pendapatan tetap yang menawarkan lebih banyak tempat aman dari inflasi dari pada yang lain.

“Jika seluruh portofolio pendapatan tetap Anda di satu tempat, itu tidak akan melindungi Anda,” jelas kepala strategi pasar First Franklin, Brett Ewing.

Baca Juga : Ayo Coba Investasi Sekarang!

Memperpendek tenor obligasi dan dana obligasi, adalah salah satu cara untuk melindungi diri Anda dari dampak kenaikan suku bunga. Investasi lainnya termasuk obligasi suku bunga mengambang, obligasi korporasi dengan yield, yang semuanya cenderung berkinerja baik dalam lingkungan dengan tingkat kenaikan dan ekonomi yang kuat.

3. Lihatlah portofolio secara holistik

Bagi investor yang ingin tenor lebih panjang, investasi pendapatan tetap mungkin tidak memberikan pengembalian akhir yang diperlukan untuk mengimbangi inflasi dalam jangka panjang. Menyeimbangkan investasi pendapatan tetap Anda dengan ekuitas dapat membuat portofolio yang lebih beragam dan berorientasi pertumbuhan.

“Orang cenderung berbondong-bondong ke investasi yang menurut mereka aman,” ungkap presiden penasihat Investasi Hanson McClain Steve Burnett.

“Jika orang-orang selama beberapa tahun terakhir sejak jatuhnya (ekonomi), berbondong-bondong ke tempat aman dan membangun sebagian besar portofolio mereka dalam pendapatan tetap, mereka telah mengalami pelarian besar ketika suku bunga turun,” imbuhnya.

Sumber : Kompas.com

Sumber Foto : https://www.money.id/finance/cara-mudah-agar-uang-anda-tidak-tergerus-inflasi-1612235.html

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0